Souvenir Kh@s Malang



Keramik Malang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas, bermula dari industri rumah tangga yang dikelola secara sederhana oleh pengrajin Dinoyo, Penanggungan kota Malang.Perkeramikan Dinoyo sudah didukung oleh tersedianya bahan baku berkualitas seperti: koalian, felspard, kuarsa, ball clay. Juga didukung oleh peningkatan ketrampilan yang dimiliki para pengerajin serta ditunjang adanya Balai Pelayanan Teknis Industri Keramik (BPTIK) dan pembinaan dari Disperindag Kota Malang. Alhasil, kini kerajinan keramik Malang yang lebih dikenal dengan “Keramik Dinoyo” telah berkembang dengan sangat menggembirakan. 

Dengan diterapkannya sistem pembakaran yang baru, barang yang dihasilkan kian mengarah pada produk-produk keramik kreatif yang bernuansa natural (Ceracraft). Namun demikian, motif-motif klasik (Antique) juga masih banyak diminati. Untuk lebih meningkatkan promosi dan jaringan pemasaran, keramik Dinoyo selalu mengikuti pameran di kota-kota besar di Indonesia bahkan manca negara: China, Korea, Jepang, Malaysia, Timur Tengah. Diikutkan pula dalam misi dagang ke berbagai negara-negara Eropa.

Dalam perkembangannya yang demikian, para pedagang berinisiatif membentuk paguyupan, dengan harapan supaya dapat mengembangkan usaha dan menciptakan lingkungan pengerajin dan pedagang sebagai kawasan “Wisata Keramik Dinoyo”
(JL. MT Haryono-Gang Keramik) menjadi suasana perkampungan yang khas. Kota Malang pada saat ini merupakan tempat persinggahan / transit dan tujuan perbelanjaan serta souvenir / kerajinan rakyat bagi turis domestik dan mancanegara. Kampoeng wisata keramik merupakan salah satu tempat yang banyak memiliki keunikan dan daya tarik bagi wisatawan yang ingin berbelanja souvenir/ keramik. Dan pengunjung tidak hanya melihat cara pembuatan akan tetapi pengunjung juga akan mendapatkan pelatihan pembuatan kerajinan keramik.
Terakhir, metode penggalian serta pemasaran semacam ini akan membuat nilai tambah, adalah salah satu gerbang di antara beberapa pintu yang membuka keberadaan Wisata Kampung sebagai kawasan seni keramik Dinoyo. Untuk memudahkan pengunjung wisata di Kota Malang telah tersedia berbagai fasilitas penunjang bertaraf nasional dan internasional seperti hotel, tempat hiburan, rumah makan, valuta asing, tourist guide, travel biro, sarana transportasi, pos dan telekomunikasi, instansi pariwisata, pelayanan umum dan keamanan.


1ndah@pradnya. Diberdayakan oleh Blogger.